Jumat, 21 November 2014

Ekonomi Internasional

Nama               : Angga Prayudha Pratama
NPM               : 10211869
Kelas               : 4EA22
Mata Kuliah    : Ekonomi Internasional


1.      Apa yang dimaksud dengan tarif optimal dan bagaimana cara menentukannya !

Jawab : Tarif yang didapat memaksimalkan manfaat netto yang bersumber dari perbaikan nilai tukar perdagangan, sehingga dapat melunturkan dampak negatif yang dilakukan oleh berkurangnya volume perdagangan.
Cara menentukannya : Dengan menaikan atau menurunkan nilai tukar perdagangan.

2.      Apa pengaruh tarif terhadap Term of Trade dan apa kaitannya dengan ekonomi negara tersebut ?

Jawab : Pengaruh tarif terhadap Term Of Trade menaikan atau menurunkan kesejahteraan negara tersebut. Kekuatan ekonomi negara terhadap nilai tukar perdagangan positif atau negatif yang diakibatkan pleh kemerosotan volume perdagangan.

3.      Meskipun menerima upah yang lebih tinggi, terangkan mengapa belum tentu meningkatkan kesejahteraan pekerja migran ?

Jawab :
1. Dengan adanya tarif tingkat kesejahteraan negara yang bersangkutan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kondisinya dimasa perdagangan bebas.
2. Penurunan kesejahteraan bersumber dari dua sebab, yaitu : perekonomian tidak lagi berproduksi pada titik yang maksimal nilai pendapatan dan harga dunia, konsumen tidak dapat lagi berkonsumsi pada kurva indifferen tertinggi uang maksimal kesejahteraan.
3. Volume perdagangan mengalami kemerosotan dengan adanya tarif.

4.      Apa pengaruhnya nlai tukar Rp/$ jika :
a.       Subsidi BBM Hilang.
b.      Pembayaran hutang luar negeri naik.
c.       Tingkat Bunga Indonesia Naik.

Jawab :
a. Subsidi bbm hilang nilai tukar Rp terhadap $ menguat.
b. pembayaran hutang luar negeri naik karna Rp terhadap m menurun.
c. Tingkat bunga indonesia naik dan nilai tukar Rp terhadap $ menguat.


5.      Untuk mempertahankan atau meingkatkan \pertumbuhan ekspor, suatu negara melakukan intervensi untuk mendepresiasi ilai tukar mata uangnya. Apa yang dilakukan dan adakah pengaruh terhadap infasi. Jika ada bagaimana tindakan yang dilakukan oleh bank sentral setelah intervensi !

Jawab  : yang dilakukan bank sentral setelah intervensi melakukan operasi pasar terbuka yaitu jual beli surat berharga dan menurunkan cadangan dan money supply.

6.      Jika Indonesia mengalami defisit neraca berjalan (Current Account), tindakan apa yang dilakukan oleh pemerintah dan apa pengaruhnya terhadap ekonomi Indonesia ?

Jawab  : Tindakan yang dilakukan pemerintah dalah meningkatkan ekspor pengaruhnya terhadap ekonomi indonesia, naiknya suku bunga indonesia, dan Rp akan melemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar