Bila Menjadi Guru Di Pelosok Indonesia
Nama : Angga Prayudha Pratama
Npm : 10211869
Kelas : 1EA20
Tugas : Ilmu Budaya Dasar
Pentingnya Pendidikan Bagi Daerah Pedalaman
"Suku Korowai di pedalaman Papua"
*Pendahuluan
Pendidikan sangat begitu penting bagi umat manusia karena dapat memberikan suntikan segar berupa bibit bibit muda untuk memajukan bangsa dan negara.Pendidikan mampu berperan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas,oleh karena itu betapa penting pendidikan bagi umat manusia.
*Latar Belakang
Mengingatnya pendidikan sekarang sudah begitu pesat,maka dari itu harus dilakukan secara merata di seluruh Indonesia terutama di daerah pedalaman.Hal ini dikarenakan akses menuju sekolah begitu jauh dari daerah tempat mereka tinggal,jadi sangat penting pemerintah menugaskan para guru untuk mengajar di daerah yang tidak bisa dijangkau oleh pemerintah.
*Isi
Bila saya ditugaskan untuk mengajar di daerah pedalaman.Maka saya harus mengetahui tempat kondisi tentang daerah tempat saya ditugaskan,supaya bisa membaur dengan masyrakat disana dan bisa diterima oleh masyrakat itu sendiri.
Dalam ini saya ditugaskan untuk mengajar Suku Korowai di Papua.Saya haru menelaah tentang suku korowai sebelum saya berangkat unutk mengajar di pedalaman papua.
Dalam ini saya ditugaskan untuk mengajar Suku Korowai di Papua.Saya haru menelaah tentang suku korowai sebelum saya berangkat unutk mengajar di pedalaman papua.
Poin Penting yang harus saya ketahui :
Suku Korowai adalah suku yang baru ditemukan keberadaannya sekitar 30 tahun lalu di pedalaman papua dan populasi sekitar 3000 orang dan mereka sering disebut suku "kanibal".Suku terasing ini hidup dirumah yang dibangun diatas pohon yang disebut Rumah Tinggi.Beberapa rumah disana mencapai tinggi 50 meter dari permukaan tanah.Suku Korowai merupakan daratan papua yang tidak memakai koteka.Kaum lelaki disana memasukan paksakan penis mereka kedalam kantong jangkar dan ujungnya mereka balut ketat dengan sejenis daun.Sedangkan wamita memakai rok pendek terbuat dari daun sagu.
1. Kondisi Geografis
Mayoritas suku korowai bertempat tinggal dirumah pohon diwilayah terisolasi.Rumah pohon yang dibangun dengan kayu diambil dari sekitar pohon dengan menebangnya dari kapak yang terbuat dari batu.Selain itu rumah ini memiliki fungsi sebagai tempat berlindung apabila terjadi konflik antar suku.
2. Mata Pencaharian
Suku Korowai sangat bergantung pada alam mereka tinggal.Suku korowai masih menggunakan insting berburu mereka dengan mencari makanan di hutan,binatang yang sering diburu saperti kasuari dan babi hutan dan masyarakat disana juga memakan sagu yang merupakan makanan utama mereka.
*Rencana Kerja
Setelah saya menelaah tentang suku korowai,saya telah dapat ilmu sedikit tentang karesteristik kebiasaan mereka disana.Dengan begitu saya bisa menerapkan rencana kerja sebagai guru yang bertugas mengajar di daerah pedalaman papua.Materi Pelajaran yang saya akan ajarkan tentang Bahasa Indonesia terutama untuk anak-anak dan masyarakat di Suku Korowai.Pada umumnya suku korowai menggunakan bahasa misionaris belanda artinya saya harus lebih bekerja keras untuk mengenalkan mata pelajaran yang saya ajarkan khusus Bahasa Indonesia terhadap suku disana.
Rencana Kerja
Materi Bahasa Indonesia
Minggu
|
Pokok
Bahasan
|
Tujuan
|
Cara
Pengajaran
|
Ke-1
|
Mengenal
abjad dari A sampai Z
|
Siswa
mampu mengenal huruf dengan baik
|
Penjelasan
dengan cara tatap muka dan media pembrlajaran dengan media papan tulis
|
Ke-2
|
Menulis
Abjad dari A samapai Z
|
Siswa
sudah mampu menulis Abjad yang sudah mereka kenali
|
Penjelasan
dengan cara tatap muka dan media pembelajran denga menggunakan buku tulis
|
Ke-3
|
Mengenalkan
Benda
|
Siswa
mampu mengenal benda yang ada disekitar mereka
|
Penjelasan
dengan cara tatap muka dan mengenalkan benda satu persatu yang ada disekitar
mereka
|
Ke-4
|
Menyusun
Kalimat
|
Siswa
mampu menyusun kalimat yang sudah diacak menjadi benar
|
Penjelasan
denga cara tatap muka dan Diskusi
|
*Harapan setelah selesai tugas menjadi Guru
1. Hasil yang saya harapkan terhadap anak didik
-siswa mampu berbahasa indonesia dengan lancar tanpa menghilangkan bahasa asli mereka.
-siswa dapat menjadi anak yang lebih cerdas.
-siswa mampu mengajak teman-teman mereka agar lebih semangat dalam belajar.
-siswa mampu berbahasa indonesia dengan lancar tanpa menghilangkan bahasa asli mereka.
-siswa dapat menjadi anak yang lebih cerdas.
-siswa mampu mengajak teman-teman mereka agar lebih semangat dalam belajar.
2.Bagi masyarakat sekitar
-masyralat mampu menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari
-masyarakat harus lebih menyadari betapa pentingnya pendidikan.
3.Bagi diri sendiri
-saya menjalankan tugas dengan baik dan sesuai dengan materi yang diajarkan.
-siswa yang saya didik menjadi sumber daya manusia berguna bagi bangsa dan negara.
-tugas yang saya jalankan berguna untuk siswa dan masyarakat.
*Kesimpulan
Pentingnya Pendidikan bagi masyarakat pedalaman yang tidak bisa mencicipi bangku sekolah,karena tempat untuk mereka belajar yang sangat jauh dari mereka tinggal.Terutama di suku korowai yang kurang tahu adanya pendidikan,tapi ketika saya mengajar di daerah tersebut antusias mereka untuk belajar sangat luar biasa dan tidak begitu jauh dengan masyarakat di kota-kota besar di jakarta.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi daerah pedalaman khususnya daeraha yang sangat jauh dari sarana sekolah.Maka dari itu Pemerintah wajib mengirim guru untuk mDengan adanya pendidikan di daerah pedalaman mampu
mengenal tata cara kehidupan yang baik dan mampu bersosialisai dengan suku lain dengan cara tata bahasa yang sopan dan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi daerah pedalaman khususnya daeraha yang sangat jauh dari sarana sekolah.Maka dari itu Pemerintah wajib mengirim guru untuk mDengan adanya pendidikan di daerah pedalaman mampu
mengenal tata cara kehidupan yang baik dan mampu bersosialisai dengan suku lain dengan cara tata bahasa yang sopan dan
*Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar